[ Kisah Inspirasi ] Satu Uqiyah yang Membuat Resah


Satu Uqiyah yang Membuat Resah - Suatu hari seseorang menemui Rasulullah Saw. dan meminta beliau mendoakannya. Beliau berkata, "Duduklah, Allah akan megaruniakan rezeki kepadamu." Tak lama kemudian, datang lagi orang kedua dan ketiga. Seperti kepada orang pertama, beliau berkata, "Duduklah. Allah akan mengaruniakan rezeki kepadamu." Terakhir, datang orang keempat sambil membawa empat uqiyah. ia berkata, "Wahai Rasulullah, aku datang untuk menyerahkan sedekah."

Rasulullah Saw. memanggil orang pertama dan memberinya satu uqiyah (40 dirham), begitu pula dengan orang kedua dan ketiga, masing-masing mendapatkan satu uqiyah dan Rasulullah Saw. menawarkannya kepada semua yang hadir, tetapi tak seorang pun mau menerimanya.

Saat malam tiba, Rasulullah Saw. meletakkan satu uqiyah itu dibawah bantalnya. Namun, beliau tidak bisa memejamkan mata sehingga beliau bangkit dan mendirikan shalat. Usai shalat, istri beliau, Aisyah r.a., bertanya, "Wahai Rasulullah, adakah sesuatu terjadi padamu?"

"Tidak," jawab Rasulullah Saw.

"Apakah datang perintah dari Allah?"

"Tidak,"

"Malam ini aku melihatmu melakukan sesuatu yang belum pernah kaulakukan sebelumnya," ujar Aisyah seraya mengeluarkan uqiyah itu.

"Itulah yang membuatku resah. Aku takut datang perintah dari Allah, sedangkan aku belum mengerjakan perintah sebelumnya."

______________________

Pada kesempatan yang berbeda, Rasulullah Saw. memasuki rumah salah satu istrinya, Ummu Salamah. Wajah beliau tampak muram. Ummu Salamah sangat khawatir dan bertanya, "Wahai Rasulullah, apa gerangan yang terjadi sehingga wajahmu muram?"

Rasulullah Saw. menjawab "Karena masih tersisa tujuh dinar yang diberikan kepadaku kemarin, belum dibagikan dan masih tersimpan (di tempat tidurku)."


Bagian 2 - Halaman 78
115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah Saw.
Ditulis oleh Fuad Abdurahman
Diterbitkan oleh Penerbit Noura Books

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter