[ Kisah Inspirasi ] Mencintai Surah Al - Ikhlash


Mencintai Surah Al - Ikhlash - Rasulullah Saw. mengutus seseorang untuk memimpin satu pasukan kecil. Ketika menjadi imam shalat, setelah membaca Surah Al-Fatihah ia membaca surah Al -Ikhlash. tidak hanya sekali. Pada setiap shalat yang bacaannya dijaharkan, ia selalu membaca surah Al-Ikhlash setelah membaca Surah Al-atihah, dan tidak hanya pada rekaat pertama, atau kedua, tetapi pada setiap rekaat.

Kebiasaannya itu menimbulkan tanda tanya dalam benak sebagian pasukan, sehingga mereka menyampaikan hal itu kepada Nabi SAW, saat mereka pulang ke Madinah. Mendenga laporan mereka, Rasulullah bersabda, "Tanyakan kepadanya, mengapa ia berbuat seperti itu?"

Ketika ditanya, ia menjawab, "Karena surah ini mengandung sifat Allah Yang Maha Penyayang dan aku sangat suka membacanya."

Ketika mengetahui alasan orang itu, Rasulullah Saw. berkomentar, "Sampaikan kepadanya bahwa Allah Swt. mencintainya."

_______________________________

Dikisahkan bahwa seorang sahabat Anshar menjadi imam di Masjid Quba'. Setiap kali usai membaca Surah Al-Fatihah, ia membaca Surah Al-Ikhlash, lalu dilanjutkan dengan surah yang lain. itu ia lakukan pada setiap rakaat. Tentu saja sebagian sahabat heran dengan kebiasaanya ini. Sebagian mereka meminta sang imam agar ia membaca surah yang berbeda, bukan hanya Surah Al-Ikhlash. Namun, tetap saja ia bersikukuh dengan kebiasannya itu. 

Maka, ketika suatu hari Rasulullah Saw. datang ke daerah itu, para sahabat menceritakan kebiasaan imam masjid itu. Rasulullah Saw. pun memanggilnya dan bertanya, "Hai Fulan, mengapa kau tidak mengindahkan permintaan kawan-kawanmu. Apa yang membuatmu selalu ingin membaca Surah Al-Ikhlash?"

Laki-laki itu menjawab, "Wahai Rasulullah, aku sangat mecintai surah ini."

"Sungguh, dengan mencintainya, pasti Allah memasukkanmu ke surga."


Bagian 3 - Halaman 163
115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah Saw.
Ditulis oleh Fuad Abdurahman
Diterbitkan oleh Penerbit Noura Books

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter