[ Kisah Inspirasi ] Janganlah Menipu!


Janganlah Menipu! - Suatu hari Rasulullah Saw. melewati sebuah pasar bersama beberapa sahabat. Beliau ingin memastikan, tidak ada kecurangan dalam transaksi di pasar. Tiba-tiba, pandangan beliau tertuju pada tumpukan gandum milik salah seorang pedagang. Beliau mendekatinya dan memasukkan tangannya ke dalam tumpukan gandum itu. Ternyata, jari-jari beliau menyentuh bagian gandum yang basah dan hampir busuk di bagian bawah. Si penjual meletakkan gandum yang bagus di atas gandum yang sudah jelek sehingga tak seorangpun yang melihatnya. Dengan begitu, ia telah menipu manusia.

"Apa ini, hai Pemilik Gandum?" tanya Rasulullah Saw.

"Ini bagian yang terkena hujan, wahai Rasulullah," jawab si pemilik gandum.

"Mengapa tidak kau simpan di bagian atas agar dilihat para pembeli. Apakah kau sengaja menempatkan gandum yang basah ini di bawah gandum yang bagus agar tidak ada orang yang melihatnya?"

Pedagang itu diam saja. Rasulullah kembali berujar, "Barang siapa menipu maka ia tidak termasuk golongan kami."

Dalam riwayat lain dikatakan, "Barangsiapa membunuh saudaranya sesama Muslim maka ia bukan termasuk golongan kami. Dan barangsiapa menipu kami, ia bukan golongan kami."

___________________________

Suatu hari seorang laki-laki menemui Rasulullah Saw. dan menuturkan bahwa ia tertipu dalam sebuah transaksi. Setelah mendengar pengaduannya, beliau bersabda, "Saat bertransaksi dengan siapa pun, katakan: 'Jangan menipu!'"

Sejak saat itu, ia selalu mengatakan "Jangan menipu!" setiap kali hendak bertransaksi.


Bagian 5 - Halaman 239
115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah Saw.
Ditulis oleh Fuad Abdurahman
Diterbitkan oleh Penerbit Noura Books

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter